SALAMAKKI

SALAMAKKI

BERANDA

Senin, 25 April 2011

wisata kabupaten pinrang

Kabupaten  Pinrang dikenal sebagai salah satu "Lumbung Pangan" di Sulawesi Selatan sekaligus penghasil udang, ikan bandeng, kakao, kopi, kemiri dan kelapa. Sebagai daerah pertanian yang memiliki sumber daya a/am yar. cukup, Pinrang juga memilik! kekayaan laut yang membentang sekitar 9-:. km dari kota Parepare sampai ke Polmas. Luas vsiiayah Kabupaten Pinrany 1.961,77 km1 dengan jaraktempuh dari Kota Makassar sepanjang 173km.
Berbatas wilayah dengan Tana Toraja, Kola Parepare, Kabupaten Enrekang dan Kabupaten Sidrap serta di sebelah Barat dengan Selat Makassar dan Kabupaten Polmas. Obyek wisata alamnya yang terdiri dari sejumlah pantai dan air terjun menjadi andalan.
Pulau Kamarrang di Kelurahan Ujung Labuang dapat ditempuh dari Ujung Lero sekitar 30 menit menggunakan perahu motor. Gugusan yang menyembul dari laut ini mempunyai luas 7 hektar didominasi oleh vegetasi hutan pantai termasuk hutan bakau yang mengitari pulau-pulau bagian Barat dan Utara. Sementara pada bagian Timur terdapat pantai berbatu keras yang tahan hantaman ombak. Pada bagian tengah pulau terdapat pohon-pohon tua yang digelantungi oleh ratusan kelelawar.
Terdapat sebuah makam tua di pulau ini dan dikeramatkan oleh para peziarah untuk menyatakan dan melepas nazar bila keinginannya dikabulkan. Terdapat sebuah villa di pulau ini yang digunakan wisatawan untuk beristirahat.
Pantai Kappe memiliki pesona laut yang sangat indah dan bersih. Terletak di Desa Data. Kecamatan Duampanua. Panorama lautnya yang terhampar luas sejauh mata memandang dan di bagian Utara tampak di kejauhan gunung-gunung yang menjulang diantara rimbunnya pepohonan hutan. Di pantai ini bisa melakukan aktivitas berenang dan olahraga pantai lainnya.
Pantai lainnya terletak di Desa Wae Tuwo disebut pula sebagai Pantai Wae Tuwo sekitar 17 km dari kota Pinrang. Membentang sepanjang 4 Km, pantai ini di bagian Utaranya cocok untuk menikmati matahari terbenam (sunset) di sore hari dan asyik untuk aktivitas berperahu mengelilingi pantai.
Dua buah air terjun terdapat pula di Kabupaten Pinrang yaitu Air Terjun Karawa di Kelurahan Betteng. Kawasan air terjun dengan ketinggian 60 meter ini di bawahnya terdapat kolam-kolam alami dan bebatuan untuk beristirahat Dari kolam alami ini, air mengalir melalui batu-batu gunung dan menciptakan air terjun kecil sehingga seolah bersusun-susun.
Air terjun lainnya masih di kelurahan yang sama sekitar 20 km dari kota Pinrang disebut Air Terjun Kalijodoh. Berada di kawasan seluas 2 hektar dan mempunyai empat sumber air. Panorama alam pegunungannya membuat tempat ini terasa sejuk dan nyaman sehingga menjadi tempat memadu kasih dan diyakini mereka yang datang berpasangan bisa berjodoh. Tak heran bila hari libur banyak dikunjungi wisatawan lokal setempat.
Pemandian air panas terdapat di Kelurahan Maminasse pada jalan poros Pinrang-Sidrap. Ada dua sumber air yang mendukung tempat ini yaitu sumber air panas dan sumber air dingin. Di lokasi ini telah dibangun kolam renang yang sumber airnya dari kedua mata air tersebut. Pemandian Air Panas Sulili ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas lainnya termasuk pondok wisata sehingga banyak dikunjungi wisatawan domestik.
Pemandian air panas lainnya terdapat di Kelurahan yang sama menuju arah PLTU Bakaru, sekitar 12 km dari Pinrang. Pemandian Air Panas Lemosusu ini memiliki panorama alam yang ini meski fasilitasnya masih untuk mandi maupun berenda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas kunjungan dan komentarnya... anda puas saya lemas......

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...